Un-confidence

3:18 AM

Un-confidence, what is un-confidence?

Un-confidence dalam bahasa indonesia berarti ketidakpercaya dirian seseorang, dimana orang tersebut merasa dirinya maybe tidak baik or terdapat banyak kekurangan dalam dirinya. Sebetulnya, dia termasuk diriku tidak menyadari bahwa di dunia ini tidak ada seseorang yang sempurna. Semua memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.
Jujur, aku sering sekali merasa tidak percaya diri. Rasa itu muncul karena pada awalnya, dari lingkungan
my own familylah kemudian berlanjut ke lingkungan sekolah sampai lingkungan perkuliahan. Rasanya, tidak akan pernah bisa habis ketika membicarakan un-confidence.

Un-confidence dapat muncul karena terdapat banyak faktor, diantaranya :
  1. Rasa itu muncul karena semua orang (most of people) mengejek atau menghina orang lain. Mungkin, ini hanyalah sebuah joke biasa bagi dirinya, tetapi bagi orang lain yang diejek, ini adalah suatu peristiwa yang dapat membuat dirinya merasa terpuruk. Inilah yang aku alami selama aku duduk di bangku SD, SMP, SMA, hingga kuliah. jujur, aku tak mengerti. Kenapa harus ada orang berkulit gelap bila ada orang berkulit terang? Kenapa harus ada orang langsing bila ada orang gemuk? Kenapa harus ada cewek cantik bila ada cewek yang tidak cantik? Semakin banyak pertanyaan yang muncul, tetapi aku sadar akan satu hal. Allah menciptakan manusia beragam bentuk, karena itu adalah mukjizat-Nya yang tidak dimiliki oleh siapa pun.
  2. Rasa itu muncul karena setiap orang yang sedang dekat dengan dirinya tiba-tiba menjauhi dirinya tanpa alasan yang jelas. First, mereka sangat antusias. Tetapi lama kelamaan, dia menjadi hilang atau disappear dari kehidupan dirinya. Ini lah yang aku sering aku alami. Terkadang, aku berfikir, bagaimana caranya supaya menjadi cantik? supaya dia tidak menjauhi diriku? Namun, perkataan seorang sahabat menyadarkanku : Maybe he's not for you, maybe he's not the person from Allah. Maybe, maybe, maybe, always maybe. Dulu aku bosan dengan mendengar kata itu. Namun, perkataannya itu ada benarnya. Buat apa kita bersama dengan seseorang yang tidak pernah bisa menerima kita apa adanya?
  3. Rasa itu muncul karena sifat manusia yang tidak pernah merasa puas akan sesuatu. Orang yang langsing menginginkan gemuk, orang yang gemuk menginginkan langsing, orang yang putih menginginkan hitam dengan cara berjemur di pantai, orang yang hitam sangat mendambakan kulitnya putih dengan cara suntik whitening or semacamlah. Memang, terkadang fisik itu mempengaruhi diri pribadi seseorang untuk menjalani sebuah kehidupan. Tetapi, kita terkadang lupa bahwa dunia ini adalah fana, semua yang ada di dunia ini baik itu (kecantikan, kepintaran, ke-sexy-an) semuanya akan hangus dan hilang dengan sendirinya bila kita tetap menjadi diri kita sendiri yang baik, santun, dan ramah terhadap orang lain. Semua kekurangan yang terdapat dalam diri kita akan tertutupi dengan sendirinya oleh kelebihan-kelebihan yang ada dalam diri kita.
Ways to "Memunculkan Rasa percaya diri" di dirimu :

D
engan cara menjadi dirimu sendiri tanpa meniru gaya seseorang, bersyukur terhadap apa yang telah ALLAH berikan kepadamu dalam bentuk mata 2 untuk melihat, 2 telinga untuk mendengar, 1 hidung untuk bernafas dan mencium sesuatu, 1 mulut untuk berbicara, 2 tangan untuk mengambil sesuatu, dan 2 kaki untuk berjalan. Di luar sana, banyak orang yang tidak seberuntung kita. Rasa percaya diri itu akan muncul apabila kita tahu dan menonjolkan segala kelebihan-kelebihan yang ada dalam diri kita, dan mencoba mencintai diri kita lebih dari kita mencintai orang lain atau orang lain mencintai kita. Insya allah, dengan kita mencintai diri kita sendiri, un-confidence itu akan pergi dengan sendirinya ♥


with love,
sylvia


You Might Also Like

0 Comments